Menilik Jangkauan Dokter Umum Lewat Aplikasi SehatQ  

Dalam dunia kedokteran, ada banyak sekali macam profesi dokter. Mulai dari dokter umum, dokter gigi, hingga dokter spesialis penyakit tertentu. Di layanan puskesmas dokter yang biasanya bisa ditemukan adalah dokter umum. Dokter umum ini punya kualifikasi dan jangkauan yang cukup luas jika dibandingkan dengan dokter spesialis.

Namun dokter spesialis jauh lebih ahli pada bagian penanganan tertentu. Sehingga untuk penanganan penyakit umum dan ringan, memang sebaiknya meminta pertolongan dari dokter umum. Layanan dokter umum ini juga bisa Anda jumpai pada laman web sehatq.com. Pada laman web atau aplikasi SehatQ ini, Anda bisa mendapati menu ‘buat janji dokter’ untuk melakukan konsultasi pada dokter umum yang sudah bekerja sama dengan layanan sehatQ.

Cakupan Tugas Dokter Umum

Jika dibandingkan dengan dokter spesialis, tentu dokter umum punya cakupan tanggung jawab pekerjaan yang berbeda. Banyak orang yang masih kurang paham dengan cakupan pekerjaan dokter umum. Maka berikut di bawah ini bisa Anda simak beberapa tanggung jawab pekerjaan seorang dokter umum:

  1. Memberi Layanan Konsultasi Pasien

 

Cakupan pekerjaan pertama seorang dokter umum adalah melayani konsultasi pasien secara umum. Tak heran jika dokter umum sering ditempatkan pada pusat gawat darurat dan tak jarang juga dimasukkan dalam kerja sama aplikasi kesehatan, seperti sehatq.com.

 

  1. Mengarahkan Jenis Perawatan Yang Tepat

 

Seorang dokter umum, sudah pasti punya pengetahuan yang luas terkait berbagai kondisi medis. Hal ini karena selama mengenyam pendidikan dokter, mereka diarahkan untuk tahu berbagai kondisi medis pasien. Maka tak heran jika dokter umum punya kemampuan yang baik dalam menilai kondisi pasien. Mereka juga akhirnya bertanggung jawab untuk mengarahkan bentuk perawatan yang tepat bagi pasien tersebut.

 

  1. Pelatihan Perawatan Jangka Panjang

 

Selain dilatih dan ditugasi untuk menangani penyakit ringan dan umum, dokter umum juga akan diarahkan pada pelatihan penanganan penyakit kronis dan akut. Bahkan biasanya penanganan penyakit kronis dan akut ini akan memakan waktu yang panjang atau lama. Maka seorang dokter umum harus siap menangani pasien dengan kondisi sakit kronis.

 

  1. Mengarahkan Rujukan Ke Dokter Spesialis

 

Orang yang berhak memerintahkan rujukan ke dokter spesialis adalah dokter umum yang menangani kondisi pasien sejak awal. Hal ini juga karena dokter umumlah yang tahu bagaimana kondisi medis pasien, apakah perlu ke dokter spesialis atau tidak.

 

  1. Melakukan Perawatan Selama Operasi

 

Dalam proses operasi umum, seorang dokter umum punya tanggung jawab untuk merawat pasien hingga proses operasi selesai. Namun jika operasi tersebut membutuhkan keahlian spesialis, maka biasanya dokter umum akan bekerja sama dengan dokter spesialis untuk melakukan operasi bersama-sama.

 

  1. Melakukan Edukasi

Tanggung jawab untuk mengedukasi masyarakat umum ini, hampir sama dengan cakupan kerja layanan konsultasi dokter. Seorang dokter umum bisa mengedukasi masyarakat sebagai bentuk preventif terhadap penyakit. Proses edukasi pun bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Contohnya seperti melakukan edukasi kesehatan lewat media sosial, YouTube, website, dan lain sebagainya.

Sesuai dengan kemampuan atau kualifikasinya, seorang dokter umum memang memiliki tanggung jawab atau cakupan kerja yang cukup luas. Meskipun begitu, pendidikan dokter umum tidak lebih lama dari dokter spesialis.

Dokter umum juga akan secara langsung berinteraksi dengan masyarakat luas secara sering. Tentunya tugas ini akan berbeda dengan dokter spesialis. Namun jika kondisi pasien memang

Tinggalkan komentar